30 Anggota DPRD Sorong Dilantik di Gedung yang Terbakar Saat Kerusuhan

November 18, 2019

Kondisi gedung Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Sorong yang belum diperbaiki pasca-terbakar dalam kerusuhan beberapa waktu lalu tidak mengurangi kesakralan dari pelantikan 30 anggota DPRD Kota Sorong terpilih masa jabatan 2019-2024, Selasa (17/9).

Pantauan Balleo News, pelantikan 30 anggota DPRD Kota Sorong itu dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Kelas I B Sorong, Masduki, dilaksanakan di dalam Ruang Sidang Utama Gedung DPRD Kota Sorong.
Berdasarkan hasil keputusan Gubernur Papua Barat yang dituangkan dalam Surat Keterangan (SK) Sekretaris Dewan, Erwin Ayal ditunjuk sebagai Pimpinan Sementara DPRD Kota Sorong dan Selestinus Paundanan sebagai Wakil Pimpinan Sementara DPRD Kota Sorong.

Dalam pidatonya, Erwin Ayal mengatakan ditetapkannya pimpinan sementara DPRD disesuaikan dengan amanat Peraturan Pemerintah Nomor 12 tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD Provinsi, Kabupaten/Kota.
Sebagaimana terdapat dalam ketentuan Pasal 34 Ayat 1 menyatakan dalam hal pimpinan DPRD belum terbentuk, maka DPRD dipimpin oleh pimpinan sementara DPRD yang ditetapkan sesuai dengan Undang-Undang mengenai Pemerintahan Daerah dan amanat Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Sebagaimana disebutkan dalam ketentuan Pasal 165 Ayat 2 yang mengatakan pimpinan sementara DPRD kabupaten dan kota terdiri atas satu orang ketua dan satu orang wakil ketua yang berasal dari dua partai politik yang memperoleh kursi terbanyak pertama dan kedua.

Dalam kesempatan yang sama, Wali Kota Sorong, Lambert Jitmau, mengatakan DPRD adalah lembaga perwakilan rakyat daerah yang berkedudukan sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah yang mempunyai fungsi pembentukan peraturan daerah, fungsi anggaran, dan fungsi pengawasan yang dijalankan dalam kerangka representasi rakyat di daerah.
“DPRD merupakan mitra sejajar kepala daerah dalam menyelenggarakan pemerintahan daerah, yang memiliki peran dan tanggung jawab dalam mewujudkan efisiensi, efektivitas, produktivitas, dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan daerah melalui pelaksanaan hak, kewajiban dan tugas wewenang dan fungsi DPRD sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” ujar Lambert, Selasa (17/9).

Prosesi pelantikan 30 anggota DPRD Kota Sorong berlangsung khidmat, Selasa (17/9). Foto : Balleo News
Lambert mengatakan, antara legislatif dengan eksekutif tidak ada yang tinggi dan tidak ada yang rendah. Selain itu, tidak ada yang jadi atasan dan tidak ada yang jadi bawahan tapi merupakan mitra sejajar yang sama-sama menjalankan pemerintahan untuk melayani masyarakat di Kota Sorong.

Lambert berharap agar ke-30 anggota DPRD Kota Sorong yang baru dilantik dapat bekerja sama dengan kepala daerah dan stakeholder lainnya, untuk tercapainya kesejahteraan masyarakat yang ada di kota Sorong.

“Saya juga berharap legislatif dan eksekutif dapat bergandengan tangan membangun Kota Sorong dan mengurus masyarakat dengan baik,” pungkasnya.

Berikut 30 anggota DPRD Kota Sorong terpilih yang dilantik sesuai Daerah Pemilihan (Dapil).

Dapil 1 Kota Sorong

Erwin Ayal (Partai Golkar)
Elly Nio (Partai Golkar)
Melkianus Howay (Partai Demokrat)
Mickael Ricky Taneri (PDIP)
Aguste Sagrim (Partai NasDem)
Irwan Mangga (PKB)
Jhony Kareth (Partai Perindo)
Syafrudin Sabonama (PAN)
Cosmas Rony Pande (Partai Hanura)
Hamka Bahry (Partai Gerindra)
Laode Samsir (PKS)
Dapil 2 Kota Sorong
Petronela Kambuaya (Partai Golkar)
Adi Gunawan Sinaga (Partai Golkar)
Astrid Andi Sampara (Partai Golkar)
Salestinus Puandanan (Partai Demokrat)
Muhammad Taslim (PKS)
Jonas Malibela (Partai Hanura)
Abdul Ahmad (Partai Perindo)
Elisabeth Nauw (PDIP)
Paulus Lilingsugi (Partai Gerindra)

Dapil 3 Kota Sorong

Hermin S Matandung (Partai Golkar)
Juni Triatmoko (Partai Golkar)
Gladys Hilda Hityahubessy (Partai Golkar)
Demanto P Silalahi (Partai NasDem)
Daud Kombangtimang (PDIP)
Kumisi Abbas (Partai Demokrat)
Syamsudin M Djohan (Partai Gerindra)
Muhammad Rofik (PAN)
Aryanto Husni (PKB)
Rosmia Matalitti (PPP)

Musyawarah Pemilihan Ketua KNPI Kota Sorong Kembali Diadakan

Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Sorong mengadakan musyawarah untuk menentukan masa depan bangsa dan negara RI yang dihadiri oleh para Pemuda Kota Sorong di Vega Hotel Sorong Papua Barat. Kegiatan musyawarah ini turut dihadiri oleh pemuda yang telah...

Taruna AAL Menyambangi Kota Sorong Warga Antusias

SORONG-Kegembiraan siang hari hingga sore hari Kamis (14/11) dirasakan oleh warga Kota Sorong, Papua Barat saat menyaksikan aksi kirab drum band Taruna -Taruni Akademi Angakatan Laut (AAL) yang melintas di sepanjang jalan Ahmad Yani. Taruna dan Taruni Akademi Angkatan...

Tiga Anak Papua Jabat Unsur Pimpinan DPRD Kota Sorong

Tiga anak asli Papua masing-masing yaitu Petronela Kambuaya, Melkianus Way dan Elisabeth Nauw dipercayakan menjabat sebagai unsur Pimpinan di DPRD Kota. Berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan, Pimpinan DPRD Kota Sorong untuk kedua kalinya...

Berita Terkait